Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Email Gmail di HP Android Terbaru


Cara Buat Email Gmail
| Saat ini akun email memang sangat dibutuhkan, bahkan anak anak juga membutuhkan email. Kenapa ?, karena kini banyak sekali pengguna smarphone android, yang dimana sebagai pengguna android harus lah punya akun google yang digunakan sebagai akses untuk buka Play Store. Dan untuk memiliki akun google play store pada hp android, solusinya adalah dengan cara membuat email gmail. Tepat seperti judul artikel sekarang adalah Cara membuat email gmail di HP Android.

Enaknya membuat email gmail pada hp android adalah kita tidak perlu membuka browser, karena kita bisa langsung melakukanya pada aplikasi sistem yang disediakan oleh os android. Bahkan aplikasi Gmail pun sudah ada pada bawa'an os android. Kita hanya perlu mengupdate di play store jika memang ada update, itupun berjalan otomatis asal kita terhubung ke jaringan internet.

Dalam panduan kali ini saya memberikan contoh dengan gambar tangkapan layar atau nama kerenya dengan sebutan screenshot. Menggunakan hp android xiaomi redmi note 3, jangan khawatir jika berbeda hp maka berbeda tampilan layar. Pada intinya semua hp android meskipun berbeda brand, menu dan setingan sama saja kok, mungkin hanya peletakan menu saja yang agak berbeda.

Berikut ini adalah langkah membuat email gmail dalam beberapa langkah, bisa dibilang singkat namun saya usahakan sedetail mungkin. Agar sobat Infogaptek juga bisa berhasil daftar email gmail. Mari kita bikin email bersama, step by step ;

1. Buka menu seting yang ada pada layar hp. Scroll kebawah sampai ketemu Akun atau tambahkan akun. (buka seting - akun).
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

2. Perhatikan pada gambar diatas, arah bawah. Ada menu plus (+), itu adalah menu untuk menambahkan akun atau membuat akun baru. Silahkan di tekan, dan kira kira nampak screenshot seperti ini.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

3. Tekan lagi menu Google, kalau punya saya ada pada urutan no 4. Cari di layar sobat sendiri, akun Google ada pada urutan berapa. Kalau sudah ketemu silahkan di tekan, dan akan muncul langkah awal untuk mendaftar email. Isikan nama masing masing, nama gaul tidak masalah. Saya contohkan pakai nama depan zulkarnaen, dan nama belakang id.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

4. Buat username yang nantinya kamu buat sebagai tanda pengenal email. Dengan kata lain ini adalah langkah untuk membuat alamat email, buat menggunakan nama asli atau nama gaul sobat, tulisnya harus digabung semua tanpa spasi.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

5. Setelah mengisi nama, klik Next. kemudian sampai pada step melengkapi data lahir dan jenis kelaimin. Saya isikan Bulan april, tanggal 26 dan tahun 1988. Pilih juga gender atau jenis kelamin, male = pria, female = perempuan dan other untuk yang tidak ingin menyebutkan jenis kelamin.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

6. Saatnya membuat kata sandi untuk akun email. Minimal 8 karakter ya, boleh menggunakan kombinasi huruf, angka dan karakter unik seperti !@#$^& dll. Asalkan paling sedikit 8 karakter dan juga jangan sampai lupa, catat bila perlu. Samakan kolom konfirmasi kata sandi dengan kata sandi yang dibuat diatas. Jika sudah, tekan Next.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

7. Untuk langkah yang satu ini sifatnya optional, terserah sobat mau memasukan nomor hp atau tidak. Jika mau isi silahkan, tapi dalam panduan kali ini saya tidak isi. Biarkan kosong dan tekan Next.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

8. Pada langkah Privacy & Terms kalau mau dibaca silahkan saja, kalau malas bisa langsung scroll kebawah dan ke langkah selanjutnya dengan menekan I AGREE.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

9. Konfirmasi username dan kata sandi yang sobat buat. Jika merasa kurang nyaman dengan username email dan kata sandi, maka di back saja. Tapi kalau sudah yakin, tekan Next untuk melanjutkan.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

10. Setelah di next, aplikasi akan loading. Ini adalah tanda server google sedang menerima pendaftaran email baru sobat. Silahkan tunggu, jika koneksi internetmu bagus maka hanya butuh beberapa detik proses.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

11. Langkah untuk seting pilihan pembayaran, gunanya adalah kalau suatu saat nanti sobat ingin membeli aplikasi berbayar di play store. Jika tidak, silahkan pilih No Thanks dan Continue. Tenang saja, nanti bisa diseting lagi kalau sobat ingin membeli aplikasi di play store.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

12. Setelah kamu tekan continue, maka aplikasi akan proses lagi dan menutup dengan sendirinya bila sudah selesai. Kemudian tidak lama ada pemberitahuan baru di notifikasi bar android sobat. Silahkan dibuka dan kurang lebih akan nampak seperti dibawah ini.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

Jika sobat juga mendapatkan pemberitahuan seperti di atas, maka selamat kamu sudah berhasil membuat email gmail baru di hp android. Dan kini kamu sudah bisa menggunakan alamat email, entah untuk mengirim file ke teman ataupun menerima email dari pengirim.

Note_: Nah bagi kamu yang tidak nyaman membuat email gmail di hp, dan ingin membuatnya lewat PC atau laptop, atau apapun yang jelas tampilan dekstop bisa ikuti cara ini, yang juga lengkap dengan gambarnya dan merupakan update terbaru : Daftar Gmail.

Langkah di atas selain untuk daftar email gmail, tapi juga bisa digunakan sebagai akun google play store. Untuk memastikan sobat juga sudah mempunya email play store, silahkan buka app play store dan buka menunya. Akan nampak akun email yang tadi berhasil sobat buat. Saya contohkan seperti dibawah ini.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

Dengan demikian langkah membuat email gmail sudah selesai dan pastinya sobat juga sudah berhasil membuat akun google mail. Gampang kan ?, sudah gampang malah bisa difungsikan juga sebagai akun google play store. Sobat boleh share link artikel cara membuat email gmail ini di facebook atau twetter, ataupun akun media sosial lainya yang dipunya. Indahnya berbagi, mungkin saja beberapa teman sobat ada juga yang tidak bisa atau tidak tau Langkah Bagaimana Cara Membuat Email Gmail.

13 komentar untuk "Cara Membuat Email Gmail di HP Android Terbaru"

  1. ujung ujungnya ya minta nomer hp juga kalau nggak dikasih nggak bisa dibuka

    BalasHapus
  2. buat akun gmail sangat mudah sekarang ya, 5 menit sudah punya email kita, beda kayak dulu yang lama :D

    BalasHapus
  3. Makasih ya infonya
    bermanfaat sekali

    BalasHapus
  4. Kalo sudah punya akun gmail lama trus dimasukkan ke hp android yg baru itu juga bisa kan?

    BalasHapus
  5. nama saya andi gmn kalo saya mau bikin akun gmail 4 huruf aja tidak pake nomer atau tambahan

    BalasHapus
  6. Terima kasih banyak atas bantuannya cara email

    BalasHapus