Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Langkah dan Cara Membuat Google Form atau Google Formulir Secara Singkat dan Jelas

Infogaptek - Google Forms atau Google Formulir adalah layanan untuk membuat dan mendistribusikan formulir secara online, sehingga mudah digunakan dan di manfaatkan sesuai kebutuhan. Langkah-langkah pembuatannya sangat sederhana, yang Anda butuhkan hanyalah internet dan ponsel atau komputer. Mengisi formulir adalah kegiatan yang sering dilakukan setiap hari. Hampir setiap orang harus mengisi formulir.

Dengan kemajuan teknologi, formulir sekarang dapat didigitalkan dan dapat dibuat dan dibagikan secara online. Dengan cara ini, jangkauan orang yang mengisi formulir akan lebih luas dan lebih banyak tanggapan akan diterima. Sebelum mengenal Google Forms, orang-orang dulu lebih suka menggunakan Google spreadsheet (Spreadsheet) untuk memasukkan data. Namun, dengan inovasi Google yang terus berkembang, kini Anda dapat membuat formulir dari Google. Silakan dan pelajari cara membuat Formulir Google dari artikel ini!

Di masa lalu, banyak orang menggunakan Google Spreadsheet untuk memasukkan data secara manual, tetapi tidak untuk sekarang. Saat ini, Anda dapat menggunakan Google Forms untuk berbagai tujuan, baik itu mengumpulkan data survei, mengumpulkan daftar keanggotaan, mengatur alamat untuk mengirimkan produk untuk toko online Anda, dan banyak lagi. Padahal, sebenarnya Anda juga bisa memasukkan data siswa dan pegawai langsung lewat website sekolah.

Langkah dan Cara Membuat Google Forms

Membuat Google Forms atau jika di terjemahkan Formulir Google dimulai dengan mempersiapkan terlebih dahulu pertanyaan. Kira-kira pertanyaan mana yang akan digunakan dalam formulir. Pembuatan formulir dilakukan secara online, jadi pastikan jaringan internet Anda stabil untuk mendukung kelancaran pembuatan.

·         Pastikan Anda mempunyai dahulu akun Google, Sebelum mulai membuat Google Form. Kalau Anda belum punya kamu bisa daftar melalui link ini https://accounts.google.com/

·         Selanjutnya Anda bisa membuka Google Form melalui link tautan https://forms.google.com.

·         Pilih dan klik bagian Blank dengan simbol +, maka formulir baru akan terbuka.

·         Anda bisa menambahkan judul dan deskripsi pada formulir yang baru.

·         Kemudian langkah berikutnya, pengguna dapat menambahkan beberapa pertanyaan.

·         Lalu pilih beberapa jenis jawaban yang telah disediakan. Beberapa opsi pilihannya adalah tulisan, pilihan ganda (multiple choices), kotak centang (checkboxes), skala linear (linear scale) dan sebagainya.


·         Jika sudah melakukan semuanya, Anda bisa klik tombol Send pada bagian kanan atas untuk mendapatkan tautan link.

·         Akhirnya Google Form telah selesai dibuat. Link tautan dapat share atau bagikan untuk mendapatkan respon.


Langkah dan Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Jika Anda ingin membuat Kuesioner, bisa juga loh di lakukan melalui Google Forms Berikut step-stepnya membuat kuesioner di Google Forms:

·         Buka halaman menuju Google Form dengan mengakses laman docs.google.com/forms.

·         Langkah selanjutnya Anda bis memilih ikon Plus atau Blank.

·         Lalu Anda isi judul kuesioner dengan menekan klik kolom Untitled Form.

·         Untuk lebih jelasanya kamu dapat menantumkan pengantar atau keterangan lebih lanjut tentang kuesioner di kolom Form Description.

·         Kemudian Isi kolom pertanyaan dan sekaligus Anda bisa memilih tipe jawaban yang diinginkan dari para responden.

·         Sebenarnya terdapat beberapa pilihan, antara lain jawaban pendek, jawaban paragraf, pilihan ganda, kotak centang, pilihan ke bawah, unggahan berkas, skala linier, tanggal, atau waktu.

·         Jika Anda ingin mewajibkan responden menjawab pertanyaan tertentu, Hidupkan pilihan Required pada bawah halaman.

·         Selanjutnya kamu klik ikon “+” untuk menambah pertanyaan lagi.

·         Ulangi langkah sebelumnya jika anda ingin membuat pertanyaan dan tipe jawaban yang lain. Anda juga bisa merubah jenis jawaban yang diinginkan pada setiap nomor pertanyaan.

·         Setelah selesai dengan daftar pertanyaan, Anda bisa mulai mengatur Google Form dengan memilih menu Settings yang berada pada pojok kanan atas halaman. Anda bisa mengatur melalui menu ini, contohnya apakh responden dapat merevisi jawaban, apakah kuesioner tersebut berupa penilaian, dan apakah responden langsung bisa melihat hasil kuesioner yang telah mereka kerjakan.

·         Setelah selesai semua langkah di atas, Anda bisa send Google Form melalui email atau tautan url dengan cara mengetuk tombol Send di pojok kanan atas halaman Google Forms.

Langkah dan Cara Membuat List Absensi di Google Form

Membuat daftar hadir secara online di perlukan, terutama bagi perusahaan maupun Sekolah yang menerapkan Work From Home akibat pandemi yang masih belum tentu arahnya. Begini cara membuat List Absensi di Google Forms:

·         Langkah awal yaitu silahkan Anda membuka Google Form.

·         Lalu Anda mulai dengan membuat formulir baru dengan memilih atau klik pilihan formulir kosong.

·         Anda bisa memberi judul dan deskripsi pada formulir dengan mengklik masing-masing kolom yang tersedia.

  • Langkah berikutnya, Anda buat kolom nama siswa atau karyawan dengan klik kolom di bawah kolom deskripsi dan anda bisa mengisinya sesuai kebutuhan.

  • Lalu Anda bisa merubah pilihan jawaban menjadi “jawaban singkat” dan aktifkan fitur “wajib diisi”.
  • Untuk Kolom Jadwal Anda bisa membuatnya dengan mengklik ikon “+”, dan buatlah sesuai kebutuhan.
  • Selanjutnya yang tak kalah penting, Anda bisa membuat kolom keterangan dengan mengklik ikon “+”. Lalu, klik send atau kirim pada bagian kanan atas formulir untuk membuat tautan link.
  • Langkah Terakhir, klik pada “ikon link” yang terletak di tengah, lalu klik (perpendek link/shorten url) dan (salin link/copy link). Otomatis link akan tersalin dan siap untuk dibagikan kepada para karyawan atau siswa.

Untuk membagikan formulir google, Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol "Kirim" di sudut kanan atas pada halaman. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman kirim formulir. Pilih ikon surat untuk mengirim formulir melalui email dan ikon rantai untuk membagikan formulir sebagai tautan link aktif.

Posting Komentar untuk "Langkah dan Cara Membuat Google Form atau Google Formulir Secara Singkat dan Jelas"